Gimana Cara Ngitung Cepet Hasil Pemilu?

Gimana Cara Ngitung Cepet Hasil Pemilu? - Ngampus.net


Halo sobat kampus semua, kali ini saya akan membahas tentang hasil pemilu yang saat ini lagi ramai ditayangin di TV. Kok bisa sih, ngitung hasil pemilu bisa secepat itu? Sedangkan wilayah negara Indonesia begitu luas dengan jumlah 190,77 Juta DPT dalam negeri dan 2,06 Juta jiwa DPT di luar negeri.

Yuk kita bahas...

Nggak kalah sama bandung bondowoso, yang bikin candi dalam semalam lembaga survey juga bisa ngitung hasil pemilu dengan super super cepat. Tapi kalo bandung bondowoso minta bantuan makhluk halus apakah lembaga survey juga minta tolong sama makhluk halus? Nggak.. Nggak..

Nggak perlu bantuan makhluk halus faktanya lembaga survey pakai sihir yang bernama Ilmu Statistika. Gampangnya mereka ngambil sampel hasil pemilu di beberapa tempat aja buat memprediksi hasil di seluruh Indonesia. (Jumlah TPS 810.329, Jumlah Sampel 2000 - 3000 TPS) dan hebatnya cara ini bisa cepat dan akurat tanpa harus ngitungin semua suara. Oke.. Gimana caranya?

Biar gampang saya ambil contoh abang tukang bakso yang nyicipin sesendok kuah bakso buat nyari tau rasa kuali kuali se-Indonesia. Nah, dari jumlah kuali yang sangat banyak itu para lembaga survey nanti akan milih secara acak kuali kuali mana yang nanti akan dicicipin buat memprediksi dan nyimpulin rasa kuah baksonya, enak apa nggak.Semakin banyak dan tersebar kuah yang dicicip semakin besar juga kemungkinan tepatnya. Terus gimana dengan hasil dari KPU, apakah akan sama?

Meski mustahil bisa sama persis secara matematis hitung cepat itu bisa dipercaya, asal ngambil sampelnya nggak ngawur, nggak dibumbuin kepentingan politik. Quick Count atau Hitung Cepat cara yang paling ngebut buat nyari tau hasil akhir pemilu. Buktinya, banyak lembaga survey yang berhasil memprediksi hasil akhir pada pemilu 2009 meskipun meleset beberapa persen (%) aja.

Quick Caunt emang bisa ngitung cepet, tapi hasilnya secara resmi tetap harus nunggu hasil dari KPU yang pasti akurat sebulan setelah pencoblosan. Quick Caunt adalah statistik, hasil KPU adalah parameter. Selalu ada beda antara statistik dan parameter.

Udah pada tau kan sekarang.. Nah, sekarang duduk manis aja karena pastinya satu suara kita akan terhitung dihasil akhir nantinya, dan siapapun nanti presidennya harus kita hormati dan semoga Indonesia bisa lebih maju & sejahtera nantinya.

Sekian pembahasan kali ini, terimakasih.

Salam.

0 Response to "Gimana Cara Ngitung Cepet Hasil Pemilu?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel