Kartini Zaman Now


Kartini Zaman Now - Ngampus.net

Sobat Kampus bulan April identik dengan bulan emansipasi wanita. Hari Ini adalah 21 April. Merupakan hari dimana rakyat Indonesia merayakan Hari Kartini, sebuah hari dimana kita semua merayakan sosok figur inspiratif Raden Ayu Kartini dan bagaimana beliau mampu memberikan fondasi bagi lahirnya kehebatan tokoh-tokoh wanita di Indonesia!

Perbedaan mendasar zaman Kartini tempo doeloe dengan Kartini masa kini tentu sangat dipengaruhi budaya. Budaya tempo dulu yang sarat penindasan dipengaruhi iklim kolonialisme dan penjajahan secara militerisme disatu sisi, dan terlarangnya dunia publik bagi perempuan.

Namun saat ini budaya kolonialisme berubah tidak lagi merupakan simbol penjajahan dan invasi, melainkan serangkaian nilai dan pemikiran yang menjajah jati diri perempuan hingga bangsanya sendiri. Perempuan yang sibuk bekerja kini bukanlah hal yang mengejutkan. Perkembangan zaman memberikan beragam perubahan tidak terkecuali dengan keterlibatan perempuan dalam konteks berkarier hingga meraih posisi tinggi.

Lalu, bagaimana dengan Kartini Zaman Now? Perempuan saat ini tidak hanya bicara soal bekerja dan mengejar kesuksesan, tetapi juga dapat mencintai dan menghargai dirinya sendiri.

Memperkaya diri dengan ilmu, wawasan, pengalaman dan dapat mengembangkan potensi dalam diri. Namun tak dapat dipungkiri, peran ganda perempuan yang tak lain Kartini masa kini tak dapat terlepas dari menyeimbangkan waktu untuk bekerja juga keluarga.

Hal tersebut juga diimbangi dengan tetap merawat diri, menjaga penampilan, hingga vokal menyampaikan pendapat. Hal yang paling penting adalah bagaimana Kamu dapat mengatur keuangan.

Meski Kamu sibuk berkarier, keluarga tetap menjadi jadi prioritas, terlebih anak-anak dan juga suami. Karier yang cemerlang tak melulu soal pekerjaan, tetapi apik juga dalam menjalani peran sebagai istri dan ibu yang baik.

Sebagai pribadi dengan jiwa Kartini, usahakan untuk menjadi pribadi yang lebih tegas, perhatian, penuh semangat hingga rela berkorban. Di sisi lain, Kamu juga bisa lebih berpendapat juga menerima nasehat.

Kalau saat ini disebut Kartini masa millenial, dikarenakan perempuan dihadapkan pada persoalan yang penuh tantangan sebagai warga bangsa dan manusia pada umumnya. Pemikiran bahwa perempuan masih dibatasi dan ditindas pendidikannya bukan lagi cerita yang memaksa seorang perempuan.

Akan tetapi persamaan akses, kesempatan, keterbukaan justru menjadi tantangan baru, sehingga willing seseorang, bahkan keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan kapasitas perempuan dapat terangkat. Namun, apakah akses tersebut sudah di dapatkan?

Jawabannya belum. Perempuan Indonesia sudah dapat berkembang dengan maksimal, baik pendidikan, pekerjaan, mengasuh dan mendidik anak-anak, menjadi pemimpin di ranah kekuasaan bahkan penguasaan sumber daya alam dan sektor ekonomi.

Namun berapa presentasi mereka? perempuan Indonesia masih terkerangkeng pada masalah rendahnya pendidikan, tingginya buta aksara, kematian ibu melahirkan, pemiskinan struktural, bekerja di ranah domestik dengan harga murah bahkan upah tidak layak.

Perempuan Indonesia masih dihantui kekerasan di ruang publik dan domestik, kekerasan dalam rumah tangga dan persekusi, kematian dalam dunia buruh migran dan lain-lain.

0 Response to "Kartini Zaman Now"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel