Yuk Belajar Anggaran (Pengertian, Manfaat, Anggaran Induk)

Sobat Kampus pasti sering mendengar kata anggaran/budget, terutama yang anak organisasi nih atau bahkan anak kost. Dimasa awal saya sebagai anak kost saya sering banget kehabisan uang diakhir-akhir bulan. Kenapa bisa begitu? Ya.. karena diawal saya tidak merencanakan dengan baik anggaran untuk satu bulan tersebut.

Belajar dari pengalaman, akhirnya saya mulai menata dan merencanakan Finansial Kost (Keuangan Kost-an), ini penting banget sobat apalagi buat kalian yang ingin membuka usaha atau bekerja di perusahaan. Budgeting itu perlu, nah disini saya ingin sharing tentang Apa itu Anggaran/Budget, Manfaat Anggaran dan Anggaran Induk.

Pengertian

Apa itu anggaran, sama tidak dengan budget? dan Bagaimana cara membuat anggaran? Pertanyaan yang sering kita dengar pastinya.. yuk kita bahas.

Anggaran

Anggaran dan Budget itu sama ya sob, cuman beda istilah bahasa saja (Budget istilah dalam bahasa Inggris, Anggaran untuk bahasa Indonesia).
Definisi Anggaran/Budget sendiri adalah rencana keuangan untuk masa depan, rencana tersebut untuk mengidentifikasi tujuan dan tindakan yang diperlukan untuk mencapainya. Nah terus bagaimana kita membuat anggaran dan berdasarkan apa kita menentukannya. Dalam organisasi maupun perusahaan ada yang namanya Renstra (Rencana Strategis).

Renstra

Sebuah organisasi maupun perusahaan pastinya memiliki Visi. Untuk mencapai visi tersebut dibutukan Misi, Rensta merupakan turunan dari Misi. Bisa dilihat pada gambar.

Renstra mengidentifikasi strategi-strategi yang akan untuk aktivitas dan operasi dimasa depan setidaknya 5 tahun kedepan. Sebagai contoh Ngampus.Net memiliki visi untuk menjadi Blog besar pada tahun 2030. Dari tahun sekarang 2019 membutuhkan waktu 10 tahun agar visi tersebut tercapai. Untuk mencapai visi tersebut saya membuat renstra, apa saja yang akan saya lakukan pada 5 tahun pertama, dan 5 tahun berikutnya.

Dari Renstra lah kita membuat suatu Anggaran.

Manfaat Anggaran

  1.  Memaksa Manajer melakukan perencanaan
  2.  Menyediakan Informasi yang dapat digunakan untuk memperbaiki pengambilan keputusan
  3.  Menyediakan standar evaluasi kinerja
  4.  Memperbaiki komunikasi dan koordinasi

Anggaran Induk

Anggaran Induk / Master Budget merupakan rencana keuangan komprehensif bagi organisasi secara keseluruhan. Anggaran induk ini biasanya untuk periode satu tahun fiskal perusahaan dan disiapkan 4 atau 5 tahun sebelum tahun berikutnya. Dalam hal ini perlu dibentuk komite anggaran untuk meninjau anggaran menyediakan petunjuk dan tujuan anggaran, menyelesaikan perbedaan yang timbul saat anggaran disiapkan, menyetujui anggaran dan mengawasi kinerja aktual organisasi/perusahaan.

Direktur anggaran adalah orang yang bertanggung jawab mengarahkan dan mengkoordinasikan proses anggaran organisasi secara keseluruhan

Komponen Anggaran Induk

Komponen anggaran induk dibagi menjadi dua: Anggaran Operasional dan Anggaran Keuangan

Pembahasan berikutnya mengenai Anggaran Operasional

0 Response to "Yuk Belajar Anggaran (Pengertian, Manfaat, Anggaran Induk)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel