Tips Berpuasa Bagi Mahasiswa

Tips Berpuasa Bagi Mahasiswa


Marhaban ya Ramadhan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah dengan. Dengan segala kerendahan hati, Ngampus,net mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi sobat kampus semua.

Halo sobat kampus.. Bulan suci ramadan sebentar lagi tiba. Pada bulan ini, umat Muslim di seluruh dunia diwajibkan untuk berpuasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Di Indonesia sendiri, umat Muslim akan berpuasa selama kurang lebih 14 jam.

Pun demikian, siklus dalam menjalani rutinitas pun juga ikut berbeda, tak terkecuali rutinitas sebagai mahasiswa. Pada bulan ini, mahasiswa harus tetap menjalankan kegiatan perkuliahannya, mengerjakan tugas, mengikuti organisasi, sekaligus berpuasa. Selain itu, cuaca tropis di Indonesia juga menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa.

Namun jangan jadikan bulan ramadan untuk bermalas-malasan ya, Sobat. Nah kali ini saya akan membagikan tips untuk mahasiswa agar menjalani puasa dengan semangat dan tanpa bolos.

1. Jangan Telat Bangun Pagi Untuk Makan Sahur
Hari pertama puasa biasanya bakalan susah bangun buat sahur. Tubuh masih terbiasa dengan siklus tidur dan bangun yang telah kita jalani selama 11 bulan. Sahur biasanya dilakukan antara pukul 3 pagi hingga 5 pagi (tergantung posisi tempat tinggal). Saat hari pertama kita bakalan susah bangun, tahu-tahu sudah subuh. Padahal sahur sangat penting untuk memberikan energi pada tubuh.

Hari pertama puasa, usahakan pasang alarm pada ponsel. Set setengah jam sebelum waktu sahur. Buat jaga-jaga kita bangunnya tetap molor meski telah diteriaki alarm. Setelah dua hingga tiga hari tubuh akan terbiasa dengan keadaan ini. Bahkan kita bisa bangun sendiri tanpa menggunakan alarm. Jam di tubuh kita telah menyesuaikan diri. 

Sobat kampus bisa Lihat Disini untuk jadwal imsak di wilayah sobat.
2. Kerjakan tugas kuliah usai sahur
Kuliah yang penuh dengan deadline memang membuat kepala pusing tujuh keliling. Alangkah baiknya, untuk meminimalisir kelelahan pada bulan puasa. Cobalah kerjakan tugasmu usai sahur. Sebab, pagi hari justru membuat pikiranmu segar dan fokus. Tak heran, tugas kuliah juga lebih cepat selesai dan kamu menjadi lebih produktif. Energi yang tersalurkan akibat makan di pagi hari juga dapat menambah keefektifan belajar.

3. Terapkan resep minum air putih 2-4-2 gelas
Minum air putih penting untuk menjaga kesehatan serta ion pada tubuh, khususnya untuk mahasiswa yang akan berpuasa dengan segelintir rutinitas yang padat. Kebanyakan orang akan memilih minuman dengan perisa manis untuk melepas dahaga. Ubah pola tersebut dengan mengonsumsi air mineral menggunakan pola 2-4-2. Yang dimaksud dengan pola tersebut ialah dua gelas saat buka, empat gelas saat menjelang tidur dan dua gelas saat sahur. Sebab, pola ini akan memaksimalkan kadar air di dalam tubuh sehingga tubuh tetap prima. Dengan demikian, badan tidak akan cepat lemas dan siap beraktivitas kembali di hari berikutnya.

4. Siapkanlah baju kuliah yang nyaman
Cuaca tropis di Tanah Air akan memengaruhi aktivitas dan mood kalian saat berpuasa. Pasalnya, bagian bumi yang terkena iklim tropis kerap mendapat sinar matahari dengan intensitas yang tinggi. Artinya, semakin panas maka semakin banyak pula energi yang dikeluarkan.

Kurangi menggunakan pakaian yang membuat suhu tubuh semakin panas, karena akan membuat badan semakin letih akibat energi yang terkuras. Mulailah memilah pakaian yang adem untuk dipakai ke kampus. Usahakan mengenakan pakaian yang nyaman namun tetap sopan dan rapi.

5. Pilih makanan sehat untuk sahur dan berbuka
Agar tidak lemas di siang hari, menu sahur yang dipilih harus sehat dan mengandung nutrisi yang lengkap. Pilihlah menu sahur yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak, sayur dan buah. Contoh karbohidrat kompleks adalah nasi merah, nasi hitam, dan kentang yang direbus dengan kulitnya. Protein bisa diperoleh dari ikan, daging ayam, dan putih telur. Jangan lupa mengonsumsi sayur dan buah yang juga mengandung serat tinggi. Menjelang waktu imsak, sebaiknya konsumsi karbohidrat yang berasal dari buah.

Saat waktu berbuka tiba, janganlah dijadikan ajang untuk balas dendam setelah seharian tidak makan dan minum. Jagalah porsi dan kadar makanan sesuai dengan semestinya, jangan berlebihan dan condong ke satu jenis makanan saja. Sebab, komposisi makanan yang tepat tetap diperlukan oleh tubuh, apalagi setelah berjam-jam tak mengonsumsi makanan.

Itulah beberapa tips untuk mahasiswa yang akan berpuasa. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi Sobat Kampus yang menjalankannya.

0 Response to "Tips Berpuasa Bagi Mahasiswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel